Team Penggerak PKK Prop. Kepulauan Riau Kunjungi KWT Bukit Cermin

Team Penggerak PKK Prop. Kepulauan Riau Kunjungi KWT Bukit Cermin. Salah satu kegiatan ibu-ibu TP PKK  Prop. Kepulauan Riau dan TP PKK Kota Tanjungpinang  mengunjungi KWT  Kalurahan Bukit Cermin, Kecamatan Tanjungpinang Barat pada hari Rabu tanggal 28 April 2021.   Kebun  KWT  ( Kelompok Wanita Tani  )  Bukit Cermin Tanjungpinang Barat. Didampingi ibu Ketua TP PKK  Kecamatan Tanjungpinang Barat ibu Sulikah juga ibu Lurah Bukit Cermin.

Team Penggerak PKK Prop. Kepulauan Riau Kunjungi KWT

Ketua Pokja III  TP PKK Kep. Riau  ibu Ari Wijayati  memberi motivasi kepada ibu-ibu anggota PKK juga anggota KWT kalurahan  Bukit cermin agar tetap semangat berkebun walaupun dalam masa pandemi ini.  Saran dan nasehat ibu Ketua Pokja III, Ibu Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang juga Ibu Ketua TP Kecamatan Tanjungpinang Barat juga ibu Lurah Bukit Cermin sangat luar biasa dapat memberi semangat ibu-ibu KWT Berani maju.

Team Penggerak PKK Prop. Kepulauan Riau Kunjungi KWT

Tanaman yang ada dalam  kebun KWT  ada beberapa macam tanaman antara lain adalah sawi, toga, cabe, daun sop;  Juga ada lidah buaya, kecipir, jeruk lemon, serta  banyak lagi lainnya  dan  ada buah kundur yang menjadi favorit.  Pada kegiatan-kegiatan yang telah lalu jika ada tamu baik dari Kecamatan,  dan  tamu-tamu yang lain seringkali ibu Endang Z  membuat  minuman dari buah kundur. Namun kunjungan Team Penggerak PKK saat ini bertepatan dengan bulan Puasa jadi tidak dapat mempersiapkan minuman.

Team Penggerak PKK Prop. Kepulauan Riau Kunjungi KWT

Walaupun dalam bulan Ramadhan  juga  masih dalam masa pandemi ibu-ibu Tieam Penggerak PKK tetap peduli dengan kegiatan menunjang Ketahanan Pangan. Dengan adanya kebun KWT  juga tanaman yang ada sekitar rumah walaupun sempit dapat membantu  kebutuhan rumah tangga masing-masing. Setiap rumah tangga setiap harinya pasti membutuhkan keperluan dapur   seperti cabe, sawi, bayam dan sayuran lainnya’

BACA JUGA : Kegiatan Kelompok Wanita Tani BERANI MAJU RW VI Bukit Cermin Tanjungpinang

Halaman dan pekarangan sempit dimanfaatkan untuk menanam cabe dan sayuran.

Ketahanan pangan menurut  Wikipedia adalah ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. Sebuah rumah tangga dikatakan memiliki ketahanan pangan jika penghuninya tidak berada dalam kondisi kelaparan atau tidak takut  ancaman kelaparan.  Jadi sebagai ibu rumah tangga dapat memanfaatkan pekarangan serta halaman walaupun sempit dapat menanam dengan berbagai cara.

Dalam lingkungan RW 06 Kalurahan Bukit Cermin  banyak ibu-ibu yang sangat peduli dengan tanaman.  Walau halaman dan pekarangan sempit namun ibu-ibu menyempatkan diri menanam baik cabe atau sayuran menggunakan polybag. Pertama tama ada pembagian polybag dari  Dinas Pertanian Bagian Ketahanan Pangan yang selama ini pembimbingnya   adalah ibu Tunik beserta ibu Sri Muhara dari Pertanian yang sangat peduli dengan kegiatan KWT  Berani Maju.

Dalam menyatukan hati dan menyamakan gerak serta langkah para anggota KWT Bukit Cermin maka membentuk Koperasi Simpan Pinjam KWT RW 6 Kalurahan Bukit Cermin.   Koperasi ini  berdiri pada bulan September 2018. Dan saat ini beranggotakan 34 orang. Koperasi simpan pinjam ini berjalan lancar.   Karena semua anggota koperasi ini sangat bertanggung jawab atas kewajiban masing-masing dengan membayar iuran wajib.  Bahkan beberapa menabung dengan simpanan sukarela.  Team Penggerak PKK Prop. Kepulauan Riau Kunjungi KWT Bukit Cermin telah melihat adm koperasi tersebut.

Dengan kunjungan Team Penggerak PKK Propinsi Kepulauan Riau, Team Penggerak PKK Kota Tanjungpinang juga Team Penggerak PKK Kecamatan Tanjungpinang Barat. Juga ibu Lurah beserta staf maka anggota KWT Bukit Cermin Tanjungpinang dengan Ketua Harian Ibu Endang Z  menjadi tambah semangat.  Dengan motivasi yang luar biasa itu para anggota KWT siap untuk meneruskan penanaman dengan tanaman yang sangat berguna bagi kebutuhaan ibu-ibu

Setiap kegiatan yang ingin maju pasti ada kendala.

Setiap kegiatan yang ingin maju pasti banyak kendala-kendala yang menghambat jalannya kegiatan tersebut. Namun  KWT Berani Maju  percaya bahwa bersama dengan ibu-ibu dan bapak-bapak dari Dinas Pertanian yang bekerja sama dengan ibu Lurah pak RW  06  setempat pak Jojok Sutrisno juga dukungan dari Team Penggerak PKK Propinsi Kepulauan Riau  dan TP PKK Kota Tanjungpinang serta TP PKK Kecamatan  pasti kendala dan rintingan akan teratasi. Team Penggerak PKK Prop. Kepulauan Riau Kunjungi KWT Bukit Cermin  memotivasi ibu-ibu.

Dengan saran dan nasehat TP PKK  kepada setiap ibu-ibu Rumah Tangga untuk menanam tanaman yang bernilai ekonomi. Maka hal itu sudah membantu terwujudnya ketahanan pangan keluarga. Jika setiap ibu-ibu Rumah tangga melaksanakan penanaman dan memanfaatkan lahan yang semplt maka dalam sekitar rumah akan menjadi bermanfaat. Akhirnya tercipta  Halaman Asri Teratur, Indah dan Nyaman. Sehingga setiap rumah tangga merasa nyaman  dan selalu Bahagia  seperti keinginan semua orang.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *